Memahami Konsep Rumah Kayu Secara Lengkap

Konsep rumah kayu, begitu di gandrungi banyak orang mulai era 80an. Seiring berjalannya waktu konsep rumah kayu mulai ditinggalkan dan berganti dengan konsep rumah beton. Namun siapa sangka, di era modern saat ini rumah kayu dinilai sebagai konsep rumah yang unik. Ditambah dengan sentuhan kombinasi design interior dan eksterior yang modern klasik akan menambah nilai artistik didalam konsep rumah kayu. Menariknya lagi konsep ini juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi.

Sebelum anda melakukan pembangunan rumah kayu, sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu beberapa kekurangan serta kelebihan rumah kayu. Berikut penjelasannya.

Kekurangan rumah kayu

  • Biaya cenderung lebih besar

Bahan baku utama dalam pembuatan kayu adalah kayu. Bagian inilah yang dirasa paling sulit dalam pembuatan rumah kayu. Mengapa demikian?. Karena jika jenis kayu yang digunakan tidak menggunakan kualitas yang terbaik, hal tersebut tentu saja berdampak terhadap ketahanan rumah kayu anda.

Sedangkan untuk harga kayu yang berkualitas baik cenderung lebih mahal. Selain itu konsep rumah kayu juga menggunakan design interior dan eksterior full kayu jadi sudah bisa di pastikan biaya pembuatan pun akan cenderung lebih besar jika kita menggunakan kayu berkualitas terbaik.

  • Jasa tukang yang digunakan harus benar-benar mengerti tentang perkayuan

Dalam pembangunan rumah kayu anda tidak bisa sembarang dalam menggunakan jasa tukang. Selain agak sedikit rumah, rumah kayu dibutuhkan ketelitian dalam pengolahannya.

  • Membutuhkan waktu yang cukup lama

Pembangunan rumah kayu tidaklah semudah membangun rumah beton. Maka dari itu proses pembangunannya pun tidak secepat pembangunan rumah beton. Karena pembangunan rumah kayu lebih detail dan kompleks. Maka dari itu sangat wajar sekali jika pembangunan rumah kayu cenderung lebih lama jika kita ingin menghasilkan rumah kayu yang memiliki ketahanan yang bagus.

Kelebihan rumah kayu

  • Memiliki nilai seni yang tinggi

Rumah kayu sangatlah berbeda dengan rumah yang menggunakan bahan material lain. Rumah kayu memiliki nilai artistic yang sangat tinggi. selain itu rumah kayu merupakan salah satu jenis konsep rumah yang penuh dengan kreatifitas.

  • – Harga purna jual

Dari segi purna jual rumah kayu memiliki nilai jual yang sangat tinggi. apalagi jika design rumah kayu tersebut unik dan juga kokoh. Maka dari itu bukanlah hal yang mustahil jika harga satu rumah kayu sangat tinggi.

  • Memberikan kesan natural

Rumah kayu menonjolkan kesan natural dari pada rmah beton. Sehingga rumah terlihat sejuk dan juga nyaman untuk di tempati.

  • Sistem knock down

Salah satu kelebihan rumah kayu adalah system knock down dan tidak permanen jadi sangat memungkinkan sekali untung dilakukan bongkar pasang.

Bagi anda yang ingin memiliki rumah dengan konsep rumah kayu, kami akan memberikan beberapa referensi konsep rumah kayu yang dapat anda gunakan, diantaranya adalah:

Design rumah kayu minimalis 2 lantai

Kelebihan :

  • Rumah terlihat minimalis namun tidak meninggalkan unsur elegant
  • Dapat dimanfaatkan untuk merancang berbagai spot yang menarik karena memiliki 2 lantai. Sehingga lebih nyaman untuk dihuni dan bersantai.

Design rumah kayu sederhana modern klasik

Design rumah kayu sederhana modern klasik
Design rumah kayu sederhana modern klasik

Kelebihan :

  • Memiliki nilai seni yang sangat tinggi
  • Tidak membutuhkan lahan yang luas
  • Menghemat biaya pembangunan

Desain rumah kayu Jepang

Desain rumah kayu Jepang
Desain rumah kayu Jepang

Kelebihan :

  • Nyaman dan juga sejuk. Karena konsep rumah kayu jepang identik dengan taman yang menambah kesan natural pada bangunan
  • Memiliki nilai seni yang sangat tinggi
  • Cocok sekali digunakan untuk konsep rumah kayu yang terletak di pedesaan.
  • Memberikan kesan tenang apabila di huni.

Design rumah kayu 3 kamar

Kelebihan:

  • Konsep rumah sangat menarik
  • cocok untuk pembuatan rumah kayu dengan luas bangunan yang cukup besar
  • Semua ruangan menjadi satu, jadi memungkinkan seluruh anggota keluarga berkumpul di satu spot khusus di ruang keluarga.

Untuk menghasilkan design bangunan yang kokoh dan tahan lama, mengetahui prinsip dasar dalam membuat rumah katu sangatlah di perlukan.  Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatan rumah kayu yaitu:

  • Material kayu yang digunakan

Dalam proses pembuatan rumah kayu bahan utama yang digunakan adalah kayu. Dalam memilih jenis kayu, anda tidak bisa sembarang menggunakan jenis kayu. Karena bagaimanapun juga kualitas kayu yang baik akan menghasilkan rumah kayu yang kokoh dan juga bernilai tinggi. Gunakan material kayu seperti kayu jati.

  • Arsitektur bangunan, Jika anda mengusung konsep rumah kayu ,

Ada baiknya untuk memikirkan dengan baik tentang arsitektur bangunan. Karena dalam proses pembuatan rumah kayu sangat berbeda jauh dalam pembuatan rumah beton. Semakin rumit arsitektur bangunan, maka akan semakin lama proses pembangunan. Untuk itu ada baiknya anda menerapkan arsitektur yang minimalis dan sederhana namun masih tetap memiliki nilai artistik yang tinggi.

  • Pengawet kayu yang digunakan.

Agar kayu tidak mudah lapuk anda dapat melakukan beberapa cara untuk mengawetkan kayu, seperti memanaskan kayu terlebih dahulu sebelum di pakai, melakukan pengecatan kayu.

Setelah mengetahui aspek apa saja yang patut diperhatikan, barulah kita beranjak ke tahap pembuatan rumah kayu. Secara umum tahap pembuatan rumah kayu hampir sama dengan pembuatan rumah beton. Letak perbedaan hanya terletak pada waktu pembuatan. Berikut beberapa tahapan pembuatan rumah kayu.

  • Data lahan dan daftar rencana pembuatan rumah kayu.

Sebelum melakukan pembangunan, ada baiknya anda melakukan pendataan lahan. Mengukur berapa luas dari total keseluruhan tanah. Barulah disitu anda membuat daftar rencana pembangunan.

Hal tersebut penting dilakukan untuk menentukan arsitektur rumah kayu. Usahakan untuk memiliki lebih dari satu daftar perencanaan. Misalkan jika luas tanah anda tidak terlalu luas, maka anda bisa membuat daftar perencanaan pembangunan dengan mengusung tema design rumah kayu minimalis 2 lantai ataupun desain rumah kayu sederhana minimalis modern. Jika luas tanah memungkinkan anda juga menggunakan design rumah kayu 3 kamar dan design rumah kayu jepang.

  • Rancangan desain, sketsa atau gambar rumah kayu.

Setelah menentukan design apa yang ingin anda gunakan, barulah anda dapat merancang design dengan membuat sketsa gambar. Contoh sketsa gambar denah untuk denah rumah kayu minimalis 2 lantai dan denah rumah kayu 3 kamar

  • Perhitungan struktur kayu

Didalam perhitungan struktur kayu yang akan digunakan yang pertama dilakukan adalah perhitungan untuk keperluan bagian-bagian struktural rumah seperti atap, kolom, balok. Hal ini dilakukan agar struktur rumah kayu anda kokoh. Perhitungan struktur kayu terdiri atas, jenis kayu yang digunakan serta ukuran kayu yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan.

  • Membuat Rencana Anggaran Bangunan

Setelah semua data-data terkumpul dan anda sudah menentukan rumah kayu seperti apa yang anda inginkan, buatlah daftar perencanaan anggaran pembangunan. Hal ini dilakukan agar anda dapat mengetahui perkiraan biaya pembuatan rumah kayu sederhana.

  • Proses pembangunan rumah kayu

Jika semua persiapan sudah selesai barulah kita memasuki tahap pembangunan rumah kayu sesuai gambar desain dengan sistem kerja terbaik. Jika anda menggunakan jasa tukang kayu, pilihlah tukang yang memang khusus membangun rumah kayu. Karena system kerja pembuatan rumah kayu tidak sama dengan rumah beton.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai konsep rumah kayu, kelebihan dan kekurangan, hingga persiapan sebelum pembangunan. semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan anda mengenai konsep rumah kayu.